SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG

Selasa, 16 Juni 2009

Persepsi Anak - Nabi Muhammad

Di kampungku nama selain nama Jawa yang menggunakan huruf O banyak juga nama orang yang menggunakan namai Arab / bahasa Arab. Nama seperti Machmud, Maskur, Alif, Ali, Hassan dll. Juga banyak yang menggunakan nama nabi misalnya Adam, Yunus, Yusuf, Muhammad, Ibrahim dan sebagainya. Karena bayak dan terbiasa mendengar nama-nama itu maka menurut saya (nama dari Arab) merupakan nama (orang) Jawa. Apalagi waktu di kelas 3 SR (sekarang SD) guru saya sering mendongeng tentang riwayat nabi tentunya dengan bahasa Jawa dan tidak pernah diceritakan bahwa nabi-nabi itu dari negeri nun jauh disana.

Di kampung saya waktu itu sering diadakan semacam selamatan di rumah kepala dukuh (di kampung saya disebut Bekel). Biasanya diadakan kalau ada peringatan keagamaan (Islam) atau peringatan yang mungkin peninggalan dari jaman Hindu seperti sedekah desa. Dalam acara itu setiap rumah diwakili oleh sesorang biasanya kepala keluarga, masing-masing membawa makanan. Makanan yang dibawa adalah nasi dalam bakul dengan lauk pauk ditaruh dalam tempat terbuat dari daun pisang, biasa disebut takir. Makanan lalu digelar diatas tikar setelah diberi hamparan daun pisang. Setelah ada sedikit semacam sambutan atau kotbah dan doa maka makanan tersebut dimakan berramai-ramai.

Waktu itu aku ingat adalah dalam rangka peringatan Maulud Nabi. Saya meskipun masih kecil tapi selalu disuruh mewakili adiknya nenek. Karena dalam rangka mauludan maka sambutannya tentang riwayat nabi. Dalam sambutan itu saya mendengar bahwa Junjungan kita Nabi Muhammad adalah orang Arab lahir di Mekah. Aku kaget mendengar hal tersebut Dalam hati tidak percaya kalau Nabi Muhammad adalah orang Arab. Semua orang yang namanya Muhammad yang saya kenal adalah orang Jawa. Bahkan teman sepermainanku namanya juga pakai Muhammad yaitu Muhammad Sugiono yang biasa kita panggal dengan “Muh”.

Setalah agak besar dan mendapat informasi & pengetahuan disekolah terutam saat di SMP ada pelajaran sejarah dunia termasuk sejarah nabi Muhammad barulah dapat memahami. Kalau ingat acara di rumah pak Bekel aku suka geli sendiri.
(tsubiyoto)

1 komentar:

  1. ayo bagi pecinta movie ayo tonton film dengan kualitas tertinggi di https://goo.gl/GklgeS
    bagi yang ingin request langsung saja ke fanspage di facebook ya:)

    BalasHapus